Loading video...

06:11

Festival Serak Gulo

Buy video

Padang, Sumatera Barat
Umat Islam keturunan India di kota Padang kembali melaksanakan Festival Serak Gulo di Jalan Pasar Batipuh, Masjid Muhammadan, Kecamatan Padang Selatan, kota Padang, Sumatera Barat, yang turut diikuti oleh warga dari berbagai suku dan luar daerah.

Kegiatan yang sudah turun temurun dilaksanakan pada 1 Jumadil Akhir penanggalan kalender Hijriyah, untuk mengenang Souhul Hamid yang merupakan salah seorang penyebar agama Islam asal India.

Ketua Himpunan Muhammadan Padang, Ali Khan Abu Bakar mengatakan, kegiatan yang menjadi salah satu kebudayaan masyarakat India Muslim di Padang ini dilaksanakan hanya pada dua tempat yaitu di Padang dan India.

"Kegiatan ini dimulai sejak pukul 16.30wib dan berakhir jelang Adzan Maghrib, lalu bungkusan warna warni yang berisi gula sekitar 500 gram, akan di lemparkan pada ribuan warga yang memadati ruas jalan dari atap Masjid," terangnya.

Sekitar empat ton gula disiapkan pada kegiatan ini yang berasal dari sumbangan berbagai kalangan secara sukarela.

Ali juga mengatakan, gula pasir terbungkus ini dilemparkan oleh panitia sebanyak 15 pria dewasa dari atas atap Masjid Muhammadan serta empat panggung lainnya pada sisi kanan dan kiri masjid.

" Sebelum dimulai, turut dilaksanakan doa bersama, kemudian memasangkan bendera hijau berlambangkan bintang dan bulan sabit, lalu kembali berdoa dan dimulailah dilempar kepada warga dengan cara berebut mengambil gula tersebut," tambahnya.

Seorang warga Padang Utara, Rina Sikumbang (39) yang turut berpartisipasi pada kegiatan ini mengatakan, adanya kegiatan ini sangat baik, sekaligus pererat silaturahmi, juga turut mengenal tradisi orang India.

" Proses mendapatkan gula yang terbungkus tersebut cukup sulit, karena rebutan dengan pengunjung lainnya, namun beberapa gula juga bisa diraih,"katanya.(DesrianEristha).

Categories

Tags

From the blog

Stories not Stock: 3 Reasons Why You Should Use UGC Instead of Stock Video

Video content is an essential part of a brand’s marketing strategy, and while stock footage has been a reliable go-to in the past, forward-thinking companies are looking to user-generated content for their video needs.

View post

Buy video